Aqidah Akhlak di MI dan MTS

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Hallo teman-teman, dalam tulisan blog kali ini saya akan menjelaskan mengenai Aqidah Akhlak di MI dan MTS. Selamat membaca. 

A. Pengertian Aqidah Akhlak 

Aqidah 

Secara etimologi (bahasa) aqidah berasal dari kata “aqadaya’qdu-aqdan”, berarti ikatan perjanjian, sangkutan dan kokoh. Dalam perjanjian teknis artinya adalah iman atau keyakikan. Sedangkan menurut istilah adalah dasar-dasar pokok kepercayaan atau keyakinan hati seseorang muslim yang bersumber ajaran islam yang wajib dipegang oleh setiap muslim sebagai seumber keyakinan yang mengikat. 

Akhlaq 

Kata Akhlaq secara bahasa berasal dari bahasa Arba, bentuk jamak kata Khuluq atau al-khulq. Khuluq atau al-khulq secara bahasa antara lain berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku atau tabiat. 

Akhlaq menurut Imam Al-Ghazali adalah perbuatan yang konstan tanpa paksaan dan tekanan.

B. Fungsi Mata Pelajaran Aqidah Akhlak 

Penanaman nilai ajaran Islam sebagai pedoman mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat

Pengembangan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt serta akhlaq mulia peserta didik seoptimal, yang telah ditanamkan lebih dahulu dalam lingkungan keluarga

Penyesuaian mental peserta didik terhadap lingkungan fisik dan sosial melalui aqdah akhlaq

Perbaikan kesalahan-kesalahan, kelemahan-kelemahan peserta didik dalam keyakinan, pengamalan ajaran Islam dalam lingkungan sehari-hari

Pencegahan peserta didik dari hal-hal yang negatif dari lingkungannya atau dari budaya yang akan dihadapinya sehari-hari

Pengajaran tentang informasi dan pengetahuan keimanan dan akhlaq, serta sistem dan fungsionalnya

Penyaluran peserta didik untuk mendalami Aqidah Akhlaq pada jenjang pembelajaran yang lebih tinggi

C. Tujuan Pembelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Ibtidaiyah 

Pelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Ibtidaiyah brtujuan untuk membekali peserta didik agar dapat, menumbuh kembangkan aqidah melalui pemberian pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan tentang aqidah Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT dan mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalm kehidupan sehari-hari. 

D. Ruang Lingkup Aqidah Akhlaq di Madrasah Ibtidaiyah 

Aqidah 

Dasar dan tujuan Aqidah Islam: Sifat-sifat Allah, al Asma’ al-husna, Iman kepada Allah, Rasul-rasul Allah, Hari akhir, Qodho Qadar. 

Akhlak 

Akhlak Terpuji

Bertauhid, Ikhlas, Taat, Khauf, Taubat, Tawakal, Ikhtiar, Sabar, Syukur, Qona’ah, Tawadzu’, Husnudzon, Tasamuh, Ta’awun, berilmu kreatif produktif.

Akhlak Tercela 

Kufur, Syirik, Riya’, Nifaq, ‘Ananiah, Putus Asa, Ghadlab, Thama’, Takabur, Hasad, Dendam, Ghibah, Fitnah, Namimah.

Adab Islam 

Adab Beribadah, Adab Kepada Orang Tua Dan Guru, Adab Kepada Saudara, Teman Dan Tentangga, Adab Terhadap Lingkungan.

Kisah Teladan 

Nabi Sulaiman a.s, dan Umatnya, Ashabul Kahfi, Nabi Yunus a.s dan Ayyub a.s., Kisah Sahabat Abu Bakar r.a., Umar Bin Khattab r.a., Ustman Bin Affan r.a, Dan Ali Bin Abi Thalib r.a.

------------------------------------------------------

Cukup itu penjelasan dari saya, semoga bermanfaat untuk semua. Aamiin.

Wassalamualaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tokoh-tokoh Tasawuf Pada Masa Klasik, Abad Pertengahan, Modern, dan Kontemporer

Ahwal dalam Tasawuf : Tawadhu dan Taqwa

Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Dan Indikator Pembelajaran Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MI